Resep Uli ketan plus sambel oncom oleh nia bayens

Bahan-Bahan

  1. 1 liter (-/+750 gr) beras ketan hitam / putih
  2. 1/2 butir kelapa,parut
  3. secukupnya air (sesuaikan)
  4. secukupnya garam
  5. Bahan sambal oncom
  6. 1/2 papan oncom,goreng
  7. 3 siung bawang merah
  8. 2 siung bawang putih
  9. 1 ruas jari kencur
  10. 1 ikat kecil kemangi,gunakan daunnya saja
  11. segenggam cabe rawit (sesuai selera)
  12. 1 bh tomat,cincang
  13. secukupnya garam & gula(merah+pasir)

Langkah-langkah

  1. Rendam beras ketan semalaman/seharian,lalu cuci,tiriskan.

    Uli ketan plus sambel oncom langkah memasak 1 foto
  2. Didihkan air di panci pengukus,kukus beras ketan selama -/+ 30 menit.

  3. Siapkan wadah/baskom,masukkan beras ketan yg baru diangkat dari kukusan tadi,tuang air mendidih (air kukusan),tambahkan garam & kelapa parut,aduk rata,biarkan -/+ 30 menit sampai mengembang.

    Uli ketan plus sambel oncom langkah memasak 3 foto
  4. Note : jumlah air sesuaikan sendiri aja ya,sy biasanya pakai 500 ml utk ketan hitam,350 – 400ml utk ketan putih. Sesuaikan juga dengan kualitas beras ketannya. Agak bingung juga sihh kalo nulis resep yg biasanya pake ilmu kira kaya bikin ulen ini

  5. Panaskan kembali kukusan,kukus ketan yg sudah di aroni tadi sampai matang -/+ 30 menit.

  6. Siapkan alu/lumpang,masukkan nasi ketan,tumbuk sampe halus ,sesuai selera aja sih,kalo mau ada teksturnya jgn halus amat. Pd step ini juga bisa icip,kalo kurang garam tambahin aja sambil tumbuk cantik . O iya kalo buat yg ketan hitam emang ga bisa halus banget seperti yg ketan putih yaa…

    Uli ketan plus sambel oncom langkah memasak 6 foto
  7. Siapkan wadah plastik yg diolesi minyak goreng (sy pake tampah yg dialasi plastik tebal),pindahkan adonan uli ke wadah,padatkan & pipihkan (ketebalan sesuai selera),pake sarung tangan plastik yg diolesi minyak. Biarkan dulu beberapa jam agar permukaannya ngak terlalu benyek (boleh dijemur). Kalo mau lngsng digoreng juga boleh aja sih

    Uli ketan plus sambel oncom langkah memasak 7 foto
  8. Potong uli sesuai selera,taburi permukaan&sisinya dengan terigu agar tdk lengket.

  9. Panaskan minyak,goreng uli sampai kedua sisinya agak kecoklatan,angkat,tiriskan & sajikan dengan sambel oncom.

  10. Cara membuat sambel oncomnya : ulek cabe rawit,kencur & duo bawang,tambahkan gula merah & oncom goreng,ulek kembali. Panaskan minyak,tumis bahan sambel yg sudah diulek tadi,tambahkan tomat,daun bawang,kemangi,aduk rata. Tambahkan 100 ml air panas,garam & gula,cek rasa,biarkan menyusut & mengering,angkat.

    Uli ketan plus sambel oncom langkah memasak 10 foto
  11. Ini yg pake ketan putih,lebih lembut

    Uli ketan plus sambel oncom langkah memasak 11 foto
  12. Kalo pake ketan hitam,lebih kranciiiii

    Uli ketan plus sambel oncom langkah memasak 12 foto

Notes:

Sumber: Cookpad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here