Simple Cheese Brudel Cake (No mixer) – Resep membuatnya

Resep Simple Cheese Brudel Cake (No mixer) oleh Amanda Prasetyo

Bahan-Bahan

  1. 200 gram tepung terigu
  2. 4 sdm gula pasir (saya 85 gr gula pasir)
  3. 3 sdm susu bubuk
  4. 1 sdt ragi instan
  5. 1/2 sdt vanili bubuk (saya vanili susu)
  6. 2 butir telur, kocok lepas
  7. 80 ml air hangat
  8. 100 gram keju parut
  9. 60 gram margarine/butter (suhu ruang)

Langkah-langkah

  1. Aktifkan ragi. Campur air hangat (suam-suam kuku)+ragi+ 1 sdt gula. Gula diambil dari total bahan di atas. Tunggu 5-7 menit hingga berbuih, tanda ragi masih bagus.

  2. Lelehkan mentega seperti saat hendak membuat bolu, biarkan dingin sesuai suhu ruangan dulu. Tambahkan gula pasir. Kocok mentega & gula hingga larut dengan whisker atau garpu. Kemudian tambahkan telur &vanili kocok rata.

  3. Ayak tepung terigu & susu bubuk campur sebagian dulu ke dalam adonan. Tambahkan ragi yang sudah diaktifkan (semuanya), aduk rata dengan spatula. Tuang sisa terigu ke dalam adonan. Aduk hingga rata kembali. Gunakan teknik aduk balik.

  4. Terakhir tambahkan keju parut ke dalam adonan, aduk hingga rata.

  5. Siapkan loyang yang sudah diberi baking paper atau dioles carlo. Tuang adonan hingga rata. Lalu tutup dengan serbet lembab atau plastic wrap, diamkan hingga mengembang hampir 2x lipat. Biarkan ragi bekerja selama 45 menit – 1 jam.

  6. Panggang di dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya. Pada suhu 175-180C hingga matang (sesuai karakter oven masing-masing ya). Saya sekitar 15 menit api atas bawah lalu 3 menit api bawah saja.

  7. Setelah matang, segera oles dengan margarine dan biarkan hingga dingin, lalu potong-potong dan siap disajikan.

  8. Note: idealnya pakai loyang tulban diameter 18 cm. Tapi saya pakai loyang bolu 18×18 cm. Pada saat dipanggang adonan akan mengembang kembali. (Kira-kira tinggi adonan akan mengembang tiga kali lipat daripada saat sebelum proofing).

    Simple Cheese Brudel Cake (No mixer) langkah memasak 8 foto

Notes:

Sumber: Cookpad

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *