Roti Empuk Ekonomis – Resep membuatnya

Resep Roti Empuk Ekonomis oleh Dapur Mom Era

Bahan-Bahan

  1. 420 gr tepung terigu
  2. 1 butir telur untuk adonan, 1 butir telur untuk olesan
  3. 70 gr gula pasir (Bila suka roti yg manis tambah menjadi 80gr)
  4. 1 sdt fermipan (sekitar 7 gr)
  5. 1 sdm susu bubuk (untuk campuran tepung)
  6. 1 sdm susu bubuk larutkan dng air sampai menjadi 200gr, dinginkn
  7. 2 sdm margarine/butter
  8. 1/2 sdt garam
  9. 1/3 sdt bread improver (optional)

Langkah-langkah

  1. Campur dalam bowl: tepung terigu, gula, fermipan, dan telur. Tambahkan bread improver bila ingin lebih awet empuknya, aduk, masukkan larutan susu sedikit sedikit, dan ulenin sampai setengah kalis. Tambahkan garam dan margarin, uleni lagi sampai kalis elastis.

  2. Tutup bowl dengan lap bersih, diamkan sekitar 1 jam.

  3. Setelah mengembang 2 kali lipat, tonjok adonan sampai keluar udaranya. Bagi-bagi adonan menjadi bulatan kecil masing-masing 30gr. Beri isian. Saya pakai isian coklat mesis, dan keju susu, bentuk sesuai selera. Tata di loyang, proofing lagi sekitar 30 menit.

  4. Pada saat proofing, nyalakan kompor. Panaskan oven sekitar 15 menit. Oles roti dengan kuning telur. Panggang sekitar 10-15 menit. Bila memanggang dengan otang, waktunya bisa kurang dari 10 menit tergantung ovennya. Sering-sering cek supaya tidak gosong.

  5. Me: Saya panggang dengan otang butterfly, sekitar 8menit di rak bawah dengan api sedang, pindahkan ke rak atas sekitar 5menit atau sampai bagian atas roti agak coklat.

  6. Oles permukaan roti yang baru keluar dari oven dengan margarine. Dinginkan. Simpan di wadah kedap udara agar tidak kering.

  7. Isian keju manis saya buat dengan campuran, 3 sdm terigu sangrai, 3 sdm susu bubuk, gula halus, keju parut sesuai selera dan 2 sdm margarin. Aduk jadi satu.

  8. Namanya juga roti ekonomis, tentu bahan2nya juga ekonomis, tapi tetep enak dinikmati. Kalau mau versi yang lebih lembut, pakai 3 butir kuning telur, ganti susu bubuknya dengan fresh milk, dan margarinenya diganti butter. Terigu juga bisa pakai cakra semua, atau dimix antara terigu protein tinggi dan protein sedang. Selamat Mencoba.

Notes:

Sumber: Cookpad

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *