Persiapan : 5- 15 min
Memasak: 30 hr 120 min
Siap dalam: 2 hr 50 min

Resep Pizza Home Made oleh Mama.Anna30

Bahan-Bahan

  1. Biang :
  2. 150 ml air hangat
  3. 1 sdm gula pasir
  4. 1 sdt ragi
  5. Dough :
  6. 250 gr Terigu serbaguna
  7. 20 gr minyak sayur
  8. Topping (bebas, mnyesuaikan aja) :
  9. 6 buah jamur kalengan (potong 4)
  10. 5 sdm jagung pipil kalengan
  11. Secukupnya sosis
  12. 1/2 buah bawang bombay
  13. Secukupnya saos bolognaise
  14. Secukupnya keju mozzarella
  15. Secukupnya oregano

Langkah-langkah

  1. Buat biang nya dulu, lalu diamkan sampai ragi berbuih 5-10menit. Setelah itu campurkan biang ke dalam tepung dan minyak.

    Pizza Home Made langkah memasak 1 foto Pizza Home Made langkah memasak 1 foto
  2. Ulen hingga kalis. Diamkan 1 jam / sampai mengembang 2x lipat.

    Pizza Home Made langkah memasak 2 foto Pizza Home Made langkah memasak 2 foto
  3. Sambil menunggu adonan, siapkan bahan topping.

    Pizza Home Made langkah memasak 3 foto
  4. Timbang adonan (aku dapetnya sekitar 480-484 gr, karena mau aku bikin di loyang 20cm, jadi aku bagi 2, masing-masing 240-242gr). Bulatkan adonan. Lalu gilas dengan rolling pin. Pindahkan adonan ke loyang, lalu tusuk-tusuk dengan garpu. (Pinggiran adonan boleh diisi sosis atau keju atau sesuai selera)

    Pizza Home Made langkah memasak 4 foto Pizza Home Made langkah memasak 4 foto
  5. Beri saus bolognaise, lalu susun topping, dan terakhir beri keju dan taburan oregano.

    Pizza Home Made langkah memasak 5 foto Pizza Home Made langkah memasak 5 foto Pizza Home Made langkah memasak 5 foto
  6. Panaskan oven hingga 230C. Panggang pizza selama 30 menit api atas-bawah. (Sesuai oven masing-masing ya, karena kalo aku pake oven listrik, biasa hanya 20menit aja manggang nya. Jadi beda oven, beda waktu panggang nya)

    Pizza Home Made langkah memasak 6 foto Pizza Home Made langkah memasak 6 foto
  7. Setelah kiulit pizza kuning kecoklatan serta keju sudah meleleh, angkat dan sajikan selagi panas ya. Kalo udah dingin keju mozzarella nya gak begitu mulur.

    Pizza Home Made langkah memasak 7 foto
  8. Kalo aku langsung masuk kotak nih karena orderan orang aku bungkus pake aluminum foil lagi biar panasnya gak cepet ngilang

    Pizza Home Made langkah memasak 8 foto Pizza Home Made langkah memasak 8 foto

Notes:

Sumber: Cookpad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here