Nasi kuning Tumpeng – Resep membuatnya

Resep Nasi kuning Tumpeng oleh Fla Kitchen

Bahan-Bahan

  1. 1.5 liter beras jasmine
  2. 1500 ml air (campur santan 1 kaleng)
  3. 3 Ruas jari kunyit
  4. 5 lembar daun jeruk
  5. 5 lembar daun pandan
  6. 5 lembar daun salam
  7. 2 batang serai
  8. Secukupnya garam

Langkah-langkah

  1. Cuci beras dan sisihkan

  2. Kupas kunyit, parut dan rebus hingga mendidih. Saring. Sisihkan. Cetakan tumpeng dan alasnya seperti dipoto

    Nasi kuning Tumpeng langkah memasak 2 foto
  3. Rebus santan plus air dan daun daunan dan air kunyit td. Tambahkan garam

    Nasi kuning Tumpeng langkah memasak 3 foto
  4. Sementara buat lapisan dasar tumpeng. Buat segitiga daun pisang kemudian stapler sesuai besar wadah tumpeng. Letakan daun pisang yg agak besar buat di tengah wadah dan gunting sisi yg menutupi segitiga nya. Saya gak pnya styrofoam jd stapler hanya ditutupindengan meletakan irisan timun spt poto

    Nasi kuning Tumpeng langkah memasak 4 foto
  5. Balik ke kompor ya, aduk santan plus air campuran untuk membuat aron beras, setelah mendidih masukan beras dan masak hingga setengah matang

    Nasi kuning Tumpeng langkah memasak 5 foto
  6. (Kesalahan saya disini saya tambah lagi air Karena gak pede hahha aronan soale kaya masih mentah banget huhu udah lama gak Aron nasi jd gak pede ini udah stengah mateng Apa belum n kebanyakan aduk hihih) setelah siap dikukus selama 30 menit

    Nasi kuning Tumpeng langkah memasak 6 foto
  7. Saya cuma pnya kukusan kecil jd di bagi 2 tahap hmm btw saya nyoba pake dikasih air jeruk nipis katanya bisa bikin kuningnya tetep hmm yg tahap ke 2 saya gak pake tapi gak da yg beda secara signifikan sih

    Nasi kuning Tumpeng langkah memasak 7 foto
  8. Setelah 30 menit tuang ke wadah besar sambil di ambil daun daun dan ilangin uap panas dan saya coba cicipi ehh kurang garam n saya tambah sedikit garam n olive oil (optional saja)

    Nasi kuning Tumpeng langkah memasak 8 foto
  9. Siapkan cetakannya semprot dengan minyak, masukan nasi sambil di tekan supaya padat

    Nasi kuning Tumpeng langkah memasak 9 foto
  10. Setelah penuh cetakan, dibalik cetakannya dan letakan di tengah tengah wadah dengan hati hati. Tadaaaaaa Alhamdulillaah gampang keluarnya

    Nasi kuning Tumpeng langkah memasak 10 foto
  11. Siap dihias nihh. Saya buat telor dadar tipis aja selain irisan timun kecil dan wortel

    Nasi kuning Tumpeng langkah memasak 11 foto
  12. Saya bikin tumpeng ngetes cetakan tumpeng tingkat dan ada kumpul2 sama teman acara pengajian dan potluck jadi lauknua diisi dirumah teman hehe enak enak masakannya loh saya hanya tambah bikin perkedel ! Ini hasil komplitnya

    Nasi kuning Tumpeng langkah memasak 12 foto
  13. Dimakan bareng liwetan

    Nasi kuning Tumpeng langkah memasak 13 foto

Notes:

Sumber: Cookpad

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *