Kue Lapis Pandan Klasik #pr_lapistradisional – Resep membuatnya

Resep Kue Lapis Pandan Klasik #pr_lapistradisional oleh Izza (Han)

Bahan-Bahan

  1. 900 ml Santan dari 1 buah kelapa
  2. 3 lembar Daun pandan
  3. 1/2 sdt Garam
  4. 225 gr Tepung beras
  5. 50 gr Tepung kanji
  6. 225 gr Gula pasir (aku pake 200 gr udah pass manisnyaa)
  7. 1/8 sdt Vanili bubuk (aku pake 1/4 sdt vanila ess)
  8. #keperluan pewarnaan
  9. 50 ml Santan
  10. 50 ml Jus pandan (10 lbr pandan suji + 8 lbr pandan wangi. Di blender bersama 50 ml air)

Langkah-langkah

  1. Rebus 900 ml santan, garam dan daun pandan sambil diaduk-aduk sampai mendidih dan santan benar-benar masak. Matikan api. Biarkan hangat kuku. Buang daun pandannya.

  2. Diwadah lain campur tepung beras, kanji, dan gula pasir. Aduk rata.

  3. Tuang santan hangat sedikit-sedikit ke campuran tepung sambil diaduk sampai gula larut.

  4. Bagi adonan menjadi 2 sama banyak. 1 bagian di tambahkan jus pandan, 1 bagian lainnya ditambah 50ml santan dan vanila ess.

  5. Olesi loyang loaf pake minyak tipis-tipis. Lapisi dengan plastik. Tuang adonan putih 100 ml. Kukus selama 8 menit dengan api sedang. Jgn lupa, tutup kukusan di bungkus lap bersih.

  6. Keterangan : selalu aduk adonan tiap mau nuang ya guys..

  7. Setelah 8 menit dan lapisan sudah memadat mengkilat, tuang 100 ml adonan hijau. Kukus kembali 8 menit.

  8. Lakukan pertahap pada tiap lapisan warna sampai adonan habis. Terakhir kukus selama 30 menit.

  9. Setelah matang keluarkan dari kukusan biarkan dingin dalam loyang.

  10. Setelah benar-benar dingin, keluarkan dari loyang dan baru bisa dipotong-potong. Tips dari mbak Syauqiyah Sa’adah kl motong, pisaunya di masuki keplastik dulu, baru deh lapis dipotong, hasilnya bisa bagus dan mulus kata beliau. Kue-ku sudah keburu dipotong sebelum dapat tips itu, makanya potongannya berantakan..

  11. Cara membuat jus pandan : iris kecil-kecil daun pandan. Bagi menjadi 2 bagian. Blender 1 bagian dengan 50 ml air. Keluarkan lalu peras. Buang ampasnya. Ambil bagian tersisa, blender dengan cairan hasil dari perasan pandan sebelumnya. Keluarkan dan peras. Ini tips supaya blender tidak bekerja terlalu berat.

  12. Potongannya gak rapi nih.., tapi yasud la yess..terlanjur.. yg penting enaakk aja, dah cukuup . Yg ngicip2 pada bilang “uwenak”, ludes secepat kilat… .

    Kue Lapis Pandan Klasik #pr_lapistradisional langkah memasak 12 foto
  13. Dicetak begini, lucu juga

    Kue Lapis Pandan Klasik #pr_lapistradisional langkah memasak 13 foto

Notes:

Sumber: Cookpad

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *