Resep Kimchi ala ala(boncabe) oleh maria crishtabella

Bahan-Bahan

  1. 1 buah sawi putih(potong2,cuci bersih tiriskan)
  2. 3 batang daun bawang(cuci,potong)
  3. 2 buah wortel(kupas potong panjang)
  4. 1 botol bon cabe level 15
  5. 5 sdm kecap ikan
  6. 2 sdm tepung beras ketan
  7. 1 sdt gula pasir
  8. 250 ml air matang
  9. Secukupnya garam buat tabur ke sawi yang sudah di cuci
  10. 2 sdm ebi(rendam air panas,tiriskan,blender)
  11. 3 siung bawang putih(blender)
  12. Secukupnya bawang bombay(blender)aku gak pake karna gak punya

Langkah-langkah

  1. Pertama2 kita siapkan baskom lalu sawi putih yang sudah di cuci tadi di tabur garam aduk and diamkan selama 1 jam jgn lupa di bolak balik ya sesekali,setelah satu jam kita bilas dengan air bersih 2x,lalu kita tiriskan

  2. Skrng kita bikin pasta dari teping beras ketan dulu ya,siapkan panci lalu masukan tepung ketan,gula pasir and air matang aduk rata,masak pakai api kecil sambil di aduk terus and sampai menjadi adonan yang sedikit kental,matikan api kita dinginkan ya

    Kimchi ala ala(boncabe) langkah memasak 2 foto
  3. Siapkan baskom lalu jadikan satu daun bawang and wortel juga sawi putih

    Kimchi ala ala(boncabe) langkah memasak 3 foto
  4. Nah di sini kita mau aduk bahan yang pake tepung ketan ya,masukan boncabe and ebi juga bawang putih yang sudah di blender ke dalam larutan ketan yang sudah kental aduk rata

    Kimchi ala ala(boncabe) langkah memasak 4 foto
  5. Setelah itu tuang semua ke baskom yang berisi sayuran tadi,aduk rata ya

    Kimchi ala ala(boncabe) langkah memasak 5 foto
  6. Setelah itu kita tambahkan kecap ikan,nah di sini aku kecap ikanya pake 5 sdm karna aku suka asin,kalau kurang asin garam aja ya hehe

  7. Setelah semua di aduk rata and selesai kita siapkan wadah kedap udara,aku pake Tupperware ya,masukan ke dalam nya kimchi yang sudah jadi tadi lalu kita tutup rapat,simpan di suhu ruang selama 2 hari jgn lupa kalau sudah sehari kita buka wadah nya sbntar untuk buang gas di dalam karna lagi proses fermentasi,kalau sudah tutup kembali,nah pas hari ke dua kita buka kalau sudah ada gelembung pas di tekan and bau nya asam berarti sudah jadi deh kimchi nya,kita masukan kulkas deh

    Kimchi ala ala(boncabe) langkah memasak 7 foto
  8. Bisa di bikin nasi goreng kimchi,bisa di bikin mie kimchi gitu kaya di film korea hehe

Notes:

Sumber: Cookpad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here