Resep Jengkol semur NO MSG simpel super pedasssasss oleh Ummay Kitchen

Bahan-Bahan

  1. 1/2 kg jengkol tua (rendam semalaman)
  2. Secukupnya Kecap Manis (saya pakai merk SH atau kecap benteng)
  3. Gula putih, Garam
  4. Bahan ulek:
  5. 4 siung bawang merah
  6. 1 siung bawang putih
  7. 8 bh cabe rawit merah
  8. 4 buah cabe merah keriting
  9. Secukupnya Air

Langkah-langkah

  1. Rebus jengkol yang lamaaaa bangeeet (saya 2-3jam) biar empuk. Tiriskan. Belah dua. Geprek

  2. Ulek bumbu diatas. Diulek yaa jangan blender nanti hasilnya terlalu halus kalo blender dan malah pait (menurut saya sih).

  3. Tumis bumbu ulek hingga harum. Masukkan Jengkol dan air dan kecap manis.Tutup wajan supaya jengkol makin empuk daan bumbu meresap.

  4. Buka tutup wajan masukkan gula dan garam, aduk, icip rasa. Jika sudah pas. Tutup kembali. Biarkan air sedikit menyusut (sebentar aja yaa jangan terlalu menyusut ntar kurang enak kalo kering).

  5. Hasilnyaa jengkol empuk banget bangeet kayak daging dan rasa pedessnya berasa, ada manisnya dari kecap sama gula jugaa. Makannya bareng nasi anget makin manteeepp..

  6. Tips: Pilih jengkol yang bener2 tua yaa.. yang kulitnya udah ke klopek2 juga gapapa. Baunya juga nyenget.

  7. Kalo ga suka bau jengkolnya, bisa tambahin bberapa sendok makan bubuk kopi pas jengkol lagi direbus.

  8. Tapi saya lebih suka baunya menyengat. Namanya juga jengkol, kalo ga bau bukan jengkol namanyaa

Notes:

Sumber: Cookpad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here