Honeycomb bread – Resep membuatnya

Resep Honeycomb bread oleh Izza (Han)

Bahan-Bahan

  1. *Bahan biang*
  2. 130 ml Air hangat
  3. 1 sdm Gula pasir
  4. 1 sdt Ragi instan
  5. *Bahan inti*
  6. 200 gr Terigu cakra
  7. 50 gr Susu bubuk
  8. 2 sdm Gula pasir butiran halus
  9. 1 butir Kuning telur
  10. 25 gr Butter/margarin (aku pakai margarita)
  11. Secubit Garam
  12. *Bahan Isi*
  13. 1/3 blok Keju mudah leleh (bisa kraft quick melt atau prochiz spready), potong dadu
  14. *Bahan Olesan* – kocok rata
  15. 1 butir Kuning telur
  16. 1 sdm Susu cair
  17. **Bahan syirup*
  18. 2 sdm Gula pasir
  19. 5 sdm Air
  20. 1/4 sdt Vanila ess

Langkah-langkah

  1. Larutkan bahan biang (air hangat, gula pasir dan ragi instan) aduk rata. Tunggu sampai berbuih banyak.

  2. Campur terigu,gula pasir dan susu, aduk rata. Tambahkan kuning telur, tuang bahan biang. Aduk menggunakan sendok kayu.

  3. Adonan nggak lembek ? Tenang gpp, akupun mengalaminya, walaupun seharusnya lembek . Jangan panik lanjut aduk menggunakan tangan sampai rata. Tambahkan butter/margarin dan garam. Aduk lagi sampai rata (aku mengulennya sedikit nggak sampai kalis kok asal butter menyatu dengan adonan saja dan bisa dibulatkan. Lengket… tp gak yang lengket banget).

    Honeycomb bread langkah memasak 3 foto
  4. Tutup plastik wrap, istirahatkan sampai mengembang 2x lipat (sekitar 1 jam. Aku menjemurnya)

    Honeycomb bread langkah memasak 4 foto
  5. Kempeskan adonan, taburi meja kerja dengan sedikit terigu. Transfer adonan ke meja kerja. Potong-potong adonan menjadi kecil-kecil. Jika terasa lengket, celupkan tangan ke terigu. Ambil adonan, pipihkan, isi dengan keju, tutup dan bulatkan kembali. Tata di pinggan tahan panas/loyang bulat yg sudah bersemir margarin.

    Honeycomb bread langkah memasak 5 foto
  6. Tutup dan istirahatkan kembali, sebentar saja kurleb 5-10 menit). Oles permukaannya dengan bahan olesan.

    Honeycomb bread langkah memasak 6 foto
  7. Panggang dalam oven dengan suhu 150 selama 15-20 menit (sesuaikan oven masing-masing).

    Honeycomb bread langkah memasak 7 foto
  8. Sembari menunggu roti matang, buat syirupnya. Rebus semua bahan sampai mendidih. Matikan api.

  9. Setelah roti matang, segera siram dengan syirup sampai rata.

    Honeycomb bread langkah memasak 9 foto
  10. Roti sarang madu siap di santap.

    Honeycomb bread langkah memasak 10 foto
  11. Rotinya lembut, dengan perpaduan manis dan gurih.. cocok nih buat ta’jil buka puasa (langsung kenyang ). Gadisku suka banget lo…

    Honeycomb bread langkah memasak 11 foto
  12. Kejunya… bikin giler nggak sih ?

    Honeycomb bread langkah memasak 12 foto

Notes:

Sumber: Cookpad

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *