Bubur Kacang Ijo + Tips #kamismanis – Resep membuatnya

Resep Bubur Kacang Ijo + Tips #kamismanis oleh Dian Nurindah

Bahan-Bahan

  1. Bahan Bubur Kacang Ijo:
  2. 250 gr kacang hijau
  3. 1000 ml (1 liter) air
  4. 2 lembar daun pandan, simpulkan
  5. 1/2 sdt garam
  6. 5 keping kecil gula jawa/merah
  7. Gula pasir secukupnya (optional, kalau kurang manis)
  8. 1 sdm maizena, larutkan dg sedikit air
  9. Saus santan:
  10. 1 bungkus santan kara kecil
  11. 200 ml air
  12. 1/2 sdt garam
  13. 1 sdt maizena
  14. 1 lembar daun pandan, simpulkan

Langkah-langkah

  1. Cuci bersih kacang ijo.. Buang kacang yg mengapung. Rendam dengan air sampai menutupi kacang. Diamkan selama minimal semalaman yah. Kalau mau bikin sore bisa rendam paginya.. Kalau mau bikin pagi bisa rendam malam sebelum bobo.. Begini penampakan kacang ijo yg sudah direndam, jadi 2x lipat ukurannya.

    Bubur Kacang Ijo + Tips #kamismanis langkah memasak 1 foto
  2. Rebus kacang ijo bersama 1 lt air sampai empuk.. Tandanya si kacang udah mulai pecah2 dan airnya sedikit menyusut.. Sekitar 20-30 menit, cepet kok tapi kalau suka bubur yg lembutt banget boleh direbus lebih lama lagi. *TIPS lagi: jangan pernah masukin gula apapun di awal karena bikin kacang lama empuknya.. Cukup direbus pake air aja

    Bubur Kacang Ijo + Tips #kamismanis langkah memasak 2 foto
  3. Setelah empuk.. Masukkan daun pandan, gula jawa, dan garam lalu aduk2 terus sampai bubur agak mengental.. Cicipi rasanya kalau kurang manis bisa tambah gula pasir sesuai selera.. Kalau kurang air bisa ditambah air panas ya moms suka2 aja.. Masukkan larutan maizena, masak sampai meletup2, angkat.

    Bubur Kacang Ijo + Tips #kamismanis langkah memasak 3 foto
  4. Buat saus santan, aduk rata jadi satu semua bahan lalu didihkan diatas api kecil sampai sambil diaduk.. Angkat.

    Bubur Kacang Ijo + Tips #kamismanis langkah memasak 4 foto
  5. Tuang bubur kacang ijonya..

    Bubur Kacang Ijo + Tips #kamismanis langkah memasak 5 foto
  6. Sajikan bersama saus santan

    Bubur Kacang Ijo + Tips #kamismanis langkah memasak 6 foto
  7. Gini aja udah favorit banget wkkwkwk… Yummyyy

    Bubur Kacang Ijo + Tips #kamismanis langkah memasak 7 foto
  8. Selamat mencoba

    Bubur Kacang Ijo + Tips #kamismanis langkah memasak 8 foto

Notes:

Sumber: Cookpad

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *